PERPADUAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MIND MAPPING DENGAN PROBLEM BASED LEARNING DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR

Inaha Nurwati, Agung Haryono, Sri Umi Mintarti Widjaja

Abstract


Model pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar bermanfaat dalam meningkatkan mutu pembelajaran, karena dengan model tersebut guru dapat menciptakan kondisi belajar yang mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Pemakaian model pembelajaran harus dilandaskan pada pertimbangan untuk menempatkan siswa sebagai subjek belajar yang tidak hanya menempatkan siswa pasif saat belajar di dalam kelas. Namun guru harus menempatkan siswa sebagai insan yang alami memiliki pengalaman, keinginan dan pikiran yang dapat dimanfaatkan untuk belajar, baik secara individu maupun secara kelompok. Dalam penelitian ini digunakan model pembelajaran problem based learning yang dipadukan dengan model pembelajaran mind mapping dan think pair share. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar pada kelompok siswa yang diajar dengan model pembelajaran perpaduan problem based learning dan mind mapping (kelas eksperimen) dengan kelompok siswa yang diajar dengan model pembelajaran perpaduan problem based learning dan think pair share (kelas kontrol) pada kompetensi dasar kejuruan pengantar ekonomi dan bisnis.

Keywords


Problem Based Learning; Mind Mapping; Think Pair Share; Hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-17225-5-8

Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.