INTERNALISASI NILAI CINTA LINGKUNGAN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS OBSERVASI SUNGAI
Abstract
Penelitian ini bertujuan membangun kecintaan siswa terhadap lingkungan hidup yang ada di sekitarnya. Dalam hal ini, pembelajaran geografi berbasis observasi sungai dijadikan sebagai media untuk membangun kecintaan siswa terhadap lingkungan hidup. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas mengambil sampel siswa SMA. Metode pengumpulan data berupa observasi, angket, dokumentasi dan catatan lapangan. Data nilai cinta lingkungan yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Sedangkan data hasil belajar dianalisis dengan membandingkan persentase rata-rata perolehan hasil belajar pada siklus I dengan siklus II. Pembelajaran geografi berbasis observasi sungai terbukti mampu meningkatkan hasil belajar dan menginternalisasi nilai cinta lingkungan dengan memahami sebab dan akibat dari kerusakan lingkungan yang terjadi di lingkungan sekitar siswa.
Keywords
internalisasi nilai cinta lingkungan; hasil belajar; lingkungan hidup; pembelajaran geografi; observasi sungai
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: 978-602-17225-5-8
Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.