PENGETAHUAN KEBERAGAMAN BUDAYA MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA SMK

Hervina Sovia Rosa, Budijanto Budijanto, Achmad Amirudin

Abstract


Pengetahuan tentang budaya diperlukan dalam mengenal lingkungan alam dan sosial agar
manusia dapat beradaptasi. Pengetahuan dalam memahami alam, manusia dan perilakunya baik
secara individu atau kelompok. Keberagaman budaya dipahami sebagai ketidaksamaan dan
perbedaan dalam rangka kehidupan bermasyarakat yang dijadikan milik manusia dengan belajar.
Pada prosesnya keberagaman budaya menimbulkan berbagai masalah dan isu-isu diantaranya
adalah pembauran, prasangka dan etnosentrisme. Maka diperlukan pengenalan tentang
keberagaman budaya sejak masih sekolah untuk membentuk pemahaman yang baik. Kegiatan
pembelajaran di sekolah harus dapat membantu tumbuh kembang siswa agar mempunyai
kecakapan hidup. Kemampuan dalam mengatasi permasalahan termasuk kecakapan yang harus
dimiliki siswa sebagai bekal untuk beradaptasi dengan lingkungan. Pembelajaran melalui Problem
Based Learning menjadi upaya guru dalam mengajarkan kemampuan pemecahan masalah.
Pembelajaran berbasis masalah akan membantu kepedulian siswa terhadap lingkungan dan
masalah-masalah sosial. Siswa dilatih untuk lebih mandiri dalam mencari informasi dari berbagai
sumber sehingga mampu menemukan alternatif penyelesaian masalah.

Keywords


Pengetahuan; keberagaman budaya; PBL

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-17225-5-8

Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.