PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN EKONOMI YANG KONSTRUKTIVISTIK DENGAN PERSPEKTIF SELF REGULATED LEARNING
Abstract
Kurikulum 2013 dikembangkan untuk menjawab tantangan paradigma belajar abad 21 yang menuntut perubahan pengajaran di kelas. Perubahan dari siswa diberi tahu menjadi siswa harus aktif mencari tahu. Hal ini mengakibatkan adanya perubahan kegiatan pembelajaran di kelas un-tuk seluruh mata pelajaran. Khususnya untuk mata pelajaran ekonomi, siswa dituntut tidak hanya sebatas memahami konsep ekonomi saja, tetapi juga dapat menerapkan ilmu ekonomi dalam ke-hidupan sehari-hari. Diperlukan pendekatan pembelajaran yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk membangun sendiri pengetahuan barunya serta menjadikan proses belajar yang ber-makna. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah pendekatan konstruktivistik. Pen-dekatan ini beranggapan bahwa proses belajar mengajar di kelas seharusnya memberikan kele-luasaan bagi siswa untuk membangun pengetahuan baru dengan caranya masing-masing. Hal ini disebabkan karena tiap siswa memiliki karakteristik yang berbeda-beda, baik dari cara belajar, sumber belajar yang dimiliki, serta pengalaman belajar yang telah dilakukan. Perbedaan-perbedaan tersebut tentu berpengaruh pada proses konstruksi pengetahuan baru yang dilakukan oleh siswa. Sebagai salah satu konsep dari pendekatan konstruktivistik, self regulated learning (SRL) berperan penting dalam proses belajar siswa. Perbedaan tingkat SRL siswa, akan mempengaruhi proses belajar siswa. Siswa dengan tingkat SRL tinggi akan lebih mandiri dalam mencari pengetahuan baru. Tetapi, siswa dengan tingkat SRL rendah, membutuhkan bimbingan guru dalam proses belajarnya. Sehingga, perlu dikembangkan pembelajaran ekonomi yang mem-berikan kebebasan pada siswa untuk mengkonstruk sendiri pengetahuan barunya dengan memper-timbangkan tingkat SRL siswa.
Keywords
Pembelajaran Ekonomi; konstruktivistik; self regulated learning
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: 978-602-17225-5-8
Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.