EFEKTIFITAS PROSES INTERNALISASI PERILAKU KONSUMSI RAMAH LINGKUNGAN MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER TERPADU

Ery Widyastuti, Wahjoedi Wahjoedi, Sunaryanto Sunaryanto

Abstract


Tujuan penelitian kualitatif ini untuk mengukur dan mengetahui efektifitas proses internalisasi dengan pendidikan karakter terpadu melalui proses pembelajaran dalam mapel ekonomi, manajemen sekolah dan ekstrakurikuler dalam mempengaruhi perilaku konsumsi siswa yang ramah lingkungan. Penelitian ini diambil pada sekolah yang sudah berstatus Adiwiyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pemantapan materi ekonomi dan metode serta model pembelajaran yang tepat bisa mempengaruhi internalisasi perilaku konsumsi yang ramah lingkungan pada siswa. Selain itu, pendidikan karakter yang dibuat oleh sekolah melalui kebijakan manajemen sekolah dan ekstrakurikuler bisa mengaktualiasasikan perilaku konsumsi siswa yang ramah lingkungan secara berkelanjutan. Bahkan ada faktor lain yang ditemukan dalam penelitian ini, yaitu faktor keteladanan dari para guru dan warga sekolah lainnya yang bisa membantu masuknya proses internalisasi perilaku konsumsi siswa yang ramah lingkungan.

Keywords


Internalisasi; konsumsi ramah lingkungan; pendidikan karakter terpadu

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-17225-5-8

Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.