MENUMBUHKAN PERILAKU EKONOMI BERWAWASAN LINGKUNGAN WARGA SEKOLAH MELALUI PROGRAM ADIWIYATA

Eka Indah Nurlaili, Wahjoedi Wahjoedi, Sri Umi Mintarti Widjaja

Abstract


Menciptakan kesadaran lingkungan masyarakat melalui pendidikan formal merupakan cara terbaik untuk menanamkan kehidupan berkelanjutan. Hal tersebut diwujudkan melalui pelaksanaan program Adiwiyata di sekolah pada semua jenjang pendidikan. Program adiwiyata disusun sesuai kebutuhan dan perkembangan teknologi untuk mendukung bidang pendidikan dan lingkungan hidup. Membiasakan budaya lingkungan disekolah melalui program adiwiyata telah memberikan pembelajaran ekonomi berwawasan lingkungan secara langsung. Pembelajaran tersebut tercipta melalui komponen-komponen adiwiyata antara lain 1) Kebijakan Berwawasan lingkungan, 2) Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, 3) Kegiatan lingkungan berbasis partisipasif, dan 4) Pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan, dapat menumbuhkan perilaku ekonomi warga sekolah yang berwawasan lingkungan. Komponen tersebut menciptakan pembiasaan melalui aktivitas di sekolah, pengondisian lingkungan sekolah, dan pengetahuan mengenai wawasan ekonomi lingkungan dalam keberlanjutan. Perilaku ekonomi yang tercipta nampak pada pola aktivitas dalam mengambil keputusan, pola kegiatan membelanjakan uang, dan gaya hidup warga sekolah.

Keywords


perilaku; ekonomi; lingkungan; sekolah; adiwiyata

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-17225-5-8

Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.