MENINGKATKAN KREATIFITAS PESERTA DIDIK DENGAN INOVASI PEMBELAJARAN DALAM BIDANG EKONOMI
Abstract
Pengertian inovasi pembelajaran adalah penemuan yang bisa berupa sesuatu ide, barang, kejadian, dan metode sebagai hal yang baru bagi dunia pendidikan. Dalam rangka membuat inovasi pembelajaran diperlukan adanya peran dari berbagai sektor diantaranya pendidik, peserta didik, fasilitas dan lingkup sosial masyarakat. Tahap-tahap proses inovasi menjadi inspirasi bagi pendidik ekonomi dalam menciptakan classroom management dalam pembelajaran ekonomi. Untuk ini maka dua hal yang harus diperhatikan untuk berhasilnya penerapan inovasi adalah peserta didik harus berperan secara aktif dalam pembelajaran dan perbedaan individual peserta didik harus diakomodasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam rangka membuat inovasi pembelajaran diperlukan adanya peran dari berbagai sektor diantaranya pendidik, peserta didik, kurikulum, fasilitas dan lingkungan sosial masyarakat. Untuk melakukan inovasi pembelajaran langkah yang dapat dilakukan oleh pendidik adalah mengidentifikasi peserta didik antara yang aktif, biasa dan kurang aktif dan mengidentifikasi peserta didik dari kemampuan akademik pintar, biasa dan kurang pintar.
Keywords
Inovasi pembelajaran; pendidik; peserta didik
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: 978-602-17225-5-8
Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.