PERAN GURU DALAM MENANAMKAN KONSEP CARING ECONOMIC MELALUI PENGEMBANGAN KEPEDULIAN DAN EMOTIONAL INTELLIGENCE SISWA

Derra Setya Wardany, Wahjoedi Wahjoedi, Sri Umi Mintarti Widjaja

Abstract


Indonesia merupakan bangsa yang majemuk dengan jumlah penduduk lebih dari 255 juta jiwa. Dari sekian juta penduduk Indonesia sudah pasti memiliki latar belakang sosial yang berbeda pula, hal ini yang menimbulkan terbentuknya stratifikasi sosial dalam masyarakat. Adanya stratifikasi sosial inilah yang sering kali menimbulkan perbedaan perlakuan bagi setiap masyarakat. Kisah seorang nenek yang mencuri kakao karena desakan ekonomi sempat menjadi hal yang ramai diperbincangkan beberapa waktu yang lalu. Hal semacam ini sekiranya tidak akan terjadi mana kala ada kepedulian dari masyarakat sekitar. Seiring berkembangnya zaman, masyarakat justru semakin menjadi individualis. Seakan-akan hidup hanya untuk mencapai kesuksesan dirinya sendiri. Masyarakat seolah terdoktrin bahwa kebahagian didapat manakala dapat mencapai kesuksesan dan berlimpah materi. Tidak jarang jalan yang ditempuh justru dengan menjatuhkan orang lain. Berdasarkan fenomena tersebut mencerminkan belum adanya caring economic (kepedulian ekonomi) dalam kehidupan bermasyarakat. Melalui pendidikan, guru diharapkan mampu mengarahkan siswa sejak dini agar tidak hanya memiliki intelligence quotient (IQ) yang tinggi saja, akan tetapi juga emotional intelligence (EI) yang baik pula. Dengan demikian rasa kepedulian siswa akan lebih tinggi lagi, nantinya akan mengarahkan siswa sebagai generasi penerus bangsa yang memiliki caring economic. Artikel ini akan membahas bagaimana peran guru dalam menanamkan konsep caring economic dengan cara mengembangkan kepedulian serta emotional intelligence siswa. Dimulai dengan mengenalkan apa itu caring economic, menjelaskan pentingnya kepedulian, dan keterkaitan emotional intelligence siswa dalam menumbuhkan caring economic.

Keywords


kepedulian; emotional intelligence; caring economic; peran guru

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-17225-5-8

Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.