PENGEMBANGAN KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI BERNUANSA PASAL 33 AYAT 1 UUD 1945
Abstract
Orientasi Perekonomian Nasional tercantum dalam pasal 33 ayat 1 UUD 1945 berbunyi “perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas atas kekeluargaan” perlu diwujudkan dalam konteks pembelajaran ekonomi. Urgensi dari hal ini adalah pembelajaran ekonomi yang terjadi di SMA lebih banyak mengajarkan ekonomi barat (klasik dan Neo klasik) dan sangat sedikit pembahasan mengenai perekonomian Indonesia. oleh sebab itu pasal 33 ayat 1 UUD 1945 perlu dikaji dalam pembelajaran. Guna mengkaji isi dari pasal 33 ayat 1 dalam pembelajaran menggunakan ranah kognitif yang terdiri dari proses kognitif dimensi pengetahuan Sehingga dalam pembelajaran ini dapat membentuk siswa untuk berpikir tingkat tinggi (hight thinking order). Nilai-nilai yang terkandung dalam pasal 33 ayat 1 UUD 1945 antara lain kebersamaan, demokratis, gotong-royong dan asas kekeluargaan yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran. Guna menanamkan nilai-nilai tersebut, digunakan pendekatan kooperatif (cooperative learning). Pendekatan ini digunakan karena yang terjadi di lapangan pembelajaran masih terpusat kepada guru (teacher center) dan pelaksanaan tugas akademik siswa banyak dilaksanakan secara individu, sehingga yang terjadi hanyalah kompetisi antar siswa bukan paham kooperativisme (kebersamaan).Pembelajaran kooperatif dalam diskusi terbuka dengan tidak didominasi oleh guru, siswa dapat mengingat sebanyak 50%, jika siswa diberikan kesempatan melakukan (doing something) dapat mengingat 75% dan jika mereka belajar dengan cara mengajar (learning by teaching) mampu mengingat sebanyak 90% dengan. Hasil penelitian ini berorientasi pada perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.
Keywords
pasal 33 ayat 1 UUD 1945; ranah kognitif; pembelajaran kooperatif.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: 978-602-17225-5-8
Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.