PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA

Annisya Annisya, Hari Wahyono, Sugeng Hadi Utomo

Abstract


Pembelajaran yang sudah berlangsung selama ini kebanyakan cenderung masih banyak yang menggunakan model pembelajaran tradisional atau menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajarannya. Hal ini membuat pendidikan terlihat kuno dan kurang menarik minat peserta didik terutama dalam pembelajaran ekonomi. Para peserta didik agaknya kurang bersemangat dalam menjalani proses belajar mengajar yang berlangsung di dalam kelas, sehingga pemahaman peserta didik terhadap materi yang diajarkan hanya cukup pada penjelasan yang disampaikan oleh guru saja. Lingkungan sekitar sejatinya bisa dimanfaatkan oleh guru dan peserta didik sebagai laboratorium alami dalam sebuah pembelajaran agar lebih memahami materi yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual. Para pendidik dirasa kurang memanfaatkan lingkungan yang ada disekitar pada proses pembelajaran yang sejatinya bisa diterapkan secara langsung oleh peserta didik untuk bisa mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Keywords


sumber belajar lingkungan; pendekatan pembelajaran kontekstual; pembelajaran ekonomi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-17225-5-8

Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.