LESEHAN SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN EKONOMI

Ambar Sunarsih, Mit Witjaksono, Sunaryanto Sunaryanto

Abstract


Sebagian besar peserta didik beranggapan bahwa mata pelajaran ekonomi tidak menarik, banyak
menghafal dan sulit dipahami. Salah satu penyebabnya adalah pengelolaan kelas yang belum
optimal oleh guru. Pembelajaran yang ideal adalah pembelajaran yang dikelola secara efektif dan
terpusat pada peserta didik. Pembelajaran yang efektif dapat tercipta bila peserta didik memiliki
kesempatan untuk mengungkapkan gagasannya sekaligus mengkomunikasikan dan
mendiskusikannya dengan sesama maupun dengan gurunya. Model pembelajaran lesehan menjadi
alternatif yang bisa dilakukan guru dalam mengelola pembelajaran ekonomi di kelas menjadi lebih
menyenangkan dan mudah dipahami oleh siswa. Makna lesehan menjadi dasar dalam pengelolaan
pembelajaran ekonomi. Pembelajaran ekonomi didesain sedemikian rupa sehingga proses
pembelajaran menjadi lebih menarik, bermakna bagi siswa, pembelajaran berlangsung secara
kooperatif dan kolaboratif, dapat menginternalisasi nilai-nilai kekeluargaan dan demokrasi dalam
partisipasi belajar.

Keywords


Pembelajaran ekonomi; Lesehan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-17225-5-8

Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.