ANTESEDEN PERILAKU AKHLAQUL KARIMAH GURU EKONOMI

Achmadi Achmadi

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengungkap anteseden dari perilaku akhlaqul karimah guru ekonomi dalam upaya meningkatkan kualitas sumberdaya manusia guru ekonomi. Kontribusi manajemen sumberdaya manusia dalam membangun kualitas manusia di berbagai sektor telah memberikan jaminan berkembangnya dan kemajuan suatu peradaban bangsa di dunia. Pada sektor pendidikan, salah satu peran manajemen sumberdaya manusia adalah membentuk kualitas guru yang dapat ditinjau dari aspek kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kompetensi kepribadian. Guru merupakan figur kepemimpinan pendidikan perlu membumikan kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian yang mewakili perilaku etis (good moral) melalui keteladan menuju perilaku kepemimpinan yang berakhlak mulia yang pada gililirannya mampu mewujudkan fungsi dan tujuan pendidikan nasional. Sebagai gagasan konseptual, artikel ini ditulis dengan menggunakan pendekatan studi literatur dan hasil penelitian terdahulu, yang menyajikan beberapa anteseden yang membentuk perilaku akhlaqul karimah guru-guru ekonomi. Anteseden utama yang membentuk perilaku akhlaqul karimah guru ekonomi antara lain adalah perilaku kepemimpinan, keadilan, dan iklim organisasi di mana guru bidang ekonomi mengajar. Perbaikan perilaku kepemimpinan, keadilan organisasi, dan iklim organisasi akan mengakibatkan peningkatan perilaku akhlaqul karimah guru bidang ekonomi.

Keywords


perilaku akhlaqul karimah, perilaku kepemimpinan; keadilan organisasi; iklim organisasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-17225-5-8

Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.