ESENSI KEGUNAAN ANALYTICAL THINKING DALAM MEMAHAMI KONSEP-KONSEP DASAR EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Achmad Miftachul Huda, Mit Witjaksono, Sri Umi Mintarti Widjaja

Abstract


Peneitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana implementasi serta kegunaan anaytical thinking dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai konsep-konsep dasar ekonomi di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menjadi penting untuk dilakukan karena masih banyak siswa yang belum mengerti cara menganalisis suatu permasalahan, sehingga seolah-olah mereka hanya akan berfikir secara liar tanpa adanya dasar dari pendapat mereka. Fokus penelitian ini ada pada pemaksimalan analytical thinking yang dimiliki siswa dalam memahami konsep-konsep dasar ekonomi. Model pengembangan yang digunakan merupakan adopsi dari model enam fase yang dikembangkan oleh Pfeffer et al (2007) yang dimulai dari identifikasi masalah, merumuskan produk pengembangan, desain dan pengembangan produk, uji coba produk, evaluasi dan mengkomunikasikan hasil. Untuk menunjang penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data studi kepustakaan (library research). Dimensi yang diukur dalam studi ini adalah kemampuan siswa dalam membangun analytical thinking terhadap pemahaman mereka atas konsep-konsep dasar ekonomi.

Keywords


Analytical Thinking; Metode Inkuiri-Diskoveri; Konsep-Konsep Dasar Ekonomi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-17225-5-8

Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.