Implementasi Media Pembelajaran Edmodo pada Matakuliah Mikrobiologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa
Abstract
Kemajuan teknologi membuat pembelajaran menjadi inovatif. Salah satu teknologi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas dan mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran adalah dengan memanfaatkan gadget yang dimiliki mahasiswa sebagai media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang memanfaatkan kemajuan teknologi adalah edmodo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa yang menempuh matakuliah mikrobiologi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa media pembelajaran edmodo dapat meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa pada matakuliah mikrobiologi IKIP Budi Utomo Malang.
Keywords
Edmodo; Mikrobiologi; Hasil Belajar Kognitif
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: 978-602-9286-22-9
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.