Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading-Concept Map-Cooperative Script Dan Gender Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh model Reading-Concept Map-Cooperative Script(Remap-CS), gender,dan interaksi antara keduanya terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA Negeri 2 Malang. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen pretest postestnonequivalent control group design. Data hasil belajar kognitif diperoleh dari hasil pretest dan posttest yang dianalisis dengan menggunakan anakova.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Remap-CS berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa, sedangkan gender dan interaksi keduanya tidak berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa.Dengan demikian, pembelajaran Remap-CS berpotensi meningkatkan hasil belajar kognitif baik pada siswa perempuan maupun siswa laki-laki.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: 978-602-9286-22-9
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.