Deprecated: Non-static method PKPApplication::defineExposedConstant() should not be called statically in /var/www/pasca/conferences/lib/pkp/classes/core/PKPApplication.inc.php on line 545

Deprecated: Non-static method PKPApplication::getExposedConstants() should not be called statically in /var/www/pasca/conferences/lib/pkp/classes/core/PKPApplication.inc.php on line 513
Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading-Concept Map-Cooperative Script Dan Gender Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Malang | Avila | Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading-Concept Map-Cooperative Script Dan Gender Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Malang

Shila Avila, Susriyati Mahanal, Siti Zubaidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh model Reading-Concept Map-Cooperative Script(Remap-CS), gender,dan interaksi antara keduanya terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA Negeri 2 Malang. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen pretest postestnonequivalent control group design. Data hasil belajar kognitif diperoleh dari hasil pretest dan posttest yang dianalisis dengan menggunakan anakova.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Remap-CS berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa, sedangkan gender dan interaksi keduanya tidak berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa.Dengan demikian, pembelajaran Remap-CS berpotensi meningkatkan hasil belajar kognitif baik pada siswa perempuan maupun siswa laki-laki.


Keywords


Remap-CS; Gender; Hasil Belajar Kognitif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-602-9286-22-9

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.