Pengembangan Media Karikatur Berbasis Sparkol Video Scribe Pada Mata Kuliah Genetika Mahasiswa S1 Biologi IKIP Budi Utomo Malang

Riyanto Riyanto, As’ad Samsul Arifin, Boby Ardiyansah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengembangkan media karikatur berbasis sparkol video scribe pada matakuliah Genetika  mahasiswa   S1 Pendidikan Biologi IKIP  Budi Utomo Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah menurut model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974). Model pengembangan media pembelajaran yang dipakai adalah model pengambangan yang terdiri dari sepuluh langkah, akan tetapi dalam penelitian ini hanya terdiri delapan langkah,yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, produk akhir. Secara keseluruhan pengembangkan media karikatur berbasis sparkol video scribe layak digunakan sebagai media  pembelajaran dengan nilai rata-rata kelayakan adalah 88,7%  (Valid) berdasarkan karakteristik media, ketercernaan media, penggunaan bahasa, desain, tampilan media dan kemanfaatan. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa media karikatur berbasis sparkol video scribe sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.


Keywords


Media Karikatur Berbasis Sparkol Video Scribe; Genetika; R&D

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-602-9286-22-9

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.