Profil Pemahaman Konsep Siswa SMA pada Materi Fluida Statis

Vicki Dian Prastiwi, Parno Parno, Hari Wisodo

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa pada materi Fluida Statis. Penelitian ini menggunakan mixed methods explanatory design dengan subyek penelitian 31 siswa kelas XII IPA. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep berbentuk esai dengan jumlah 10 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi Fluida Statis. Pemahaman siswa pada sub materi tekanan hidrostatis, Hukum Pascal, dan Hukum Archimedes berturut-turut hanya 18%, 21%, dan 2,2%. Secara umum kesulitan siswa terdapat pada penentuan faktor-faktor yang berpengaruh pada fenomena masing-masing sub materi.

Keywords


Pemahaman Konsep; Fluida Statis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-602-9286-22-9

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.