Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa SMA pada Materi Fluida Statis

Utari Dwi Putri, Parno Parno, Edi Supriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa pada materi fluida statis. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method explanatory dengan menyebarkan instrumen tes pemahaman konsep yang berjumlah 10 soal pilihan ganda dengan reliabilitas 0,45 kepada 40 siswa SMA Negeri 3 Kediri untuk memperoleh data kuantitatif, sedangkan data kualitatif diperoleh dengan wawancara terhadap siswa. Hasil analisis tes menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa masih rendah dengan skor rerata tes sebesar 3,15 dan standar deviasi 1,72 dari skor maksimum 10. Rendahnya penguasaan konsep siswa didukung dengan analisis kualitatif melalui wawancara. Sebagian besar siswa menganggap bahwa tekanan hidrostatis dipengaruhi oleh bentuk bejana dan gaya Archimedes dipengaruhi oleh massa benda.

Keywords


Pemahaman Konsep; Fluida Statis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-602-9286-22-9

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.