Science, Technology, Engineering and Mathematics Project Based Learning (STEM-PjBL) pada Pembelajaran Sains

Farah Robi’atul Jauhariyyah, Hadi Suwono, Ibrohim Ibrohim

Abstract


Penulisan makalah ini bertujuan membahas tentang pendekatan STEM, model pembelajaran PjBL, serta STEM-PjBL pada pembelajaran sains. STEM merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan empat bidang yaitu sains, teknologi, engineering, dan matematika. Pembelajaran sains yang  sesuai dengan pendekatan STEM salah satunya adalah model pembelajaran PjBL. Pembelajaran PjBL berpendekatan STEM merupakan pembelajaran berbasis projek dengan mengintegrasikan bidang STEM yang dapat memberikan kesempatan siswa untuk belajar kontekstual melalui kegiatan yang kompleks seperti bereksplorasi merencanakan aktivitas belajar, melaksanakan proyek secara kolaboratif, dan pada akhirnya menghasilkan suatu hasil produk.


Keywords


STEM; STEM-PjBL; Pembelajaran Sains

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-602-9286-22-9

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.