Pemberdayaan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Search, Solve, Create And Share (SSCS) Dengan Media Video Pada Matakuliah Biokimia Di IKIP Budi Utomo Malang

Diyah Ayu Widyaningrum, Titik Wijayanti

Abstract


Mengajar merupakan kegiatan secara formal menyampaikan materi pelajaran sehingga peserta didik menguasai materi ajar. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran matakuliah Biokimia di IKIP Budi Utomo Malang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis mahasiswa belum pernah diberdayakan. Pemberdayaan kemampuan berpikir kritis dapat dilakukan melalui model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) dengan media video.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui potensi SSCS dalam pemberdayaan kemampuan berpikir kritis dengan media video. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dapat diberdayakan melalui model pembelajaran SSCS dengan media video.


Keywords


Kemampuan Berpikir Kritis; Model Pembelajaran Search; Solve, Create And Share (SSCS), Media Video

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-602-9286-22-9

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.