Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Penelitian Materi Bioteknologi Bidang Kedokteran Untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang Berdasarkan Model Pengembangan ADDIE

Malika Rohmani, Mohammad Amin, Umie Lestari

Abstract


Bioteknologi bidang kedokteran merupakan salah satu pokok bahasan dalam mata kuliah Bioteknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan pengembangan bahan ajar matakuliah Bioteknologi materi Bioteknologi Bidang Kedokteran untuk mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang yang selanjutnya dijadikan dasar untuk pengembangan bahan ajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tahapan analisis merujuk pada tahap Analyze dalam model pengembangan ADDIE Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket, dan observasi. Temukan penelitian menunjukkan bahwa: 1) mahasiswa mengalami kesulitan dan kurang memahami materi matakuliah bioteknologi bidang kedokteran, 2) salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa adalah dengan menyediakan bahan ajar berbahasa Indonesia yang mudah dipahami, dilengkapi dengan disertai contoh aplikatif dalam pembelajaran. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa perlu dikembangkan bahan ajar berupa buku petunjuk praktikum. Buku petunjuk praktikum dipilih karena dapat memfasilitasi mahasiswa untuk belajar secara mandiri dan aplikatif.


Keywords


Bioteknologi Bidang Kedokteran; Bahan Ajar; ADDIE

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-602-9286-22-9

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.