Penerapan Analisis Kritis untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Islam Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa Semester IV Pendidikan Biologi Universitas Islam Jember pada matakuliah Strategi Belajar Mengajar melalui tugas analisis kritis. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah Strategi Belajar Mengajar. Teknik pengumpulan data menggunakan rubrik penilaian keterampilan berpikir kritis. Analisis data menggunakan rumus rata-rata yang diberlakukan untuk menghitung data hasil analisis kritis. Analisis data menunjukkan rata-rata nilai keterampilan berpikir siswa pada siklus I sebesar 77,86 dan pada siklus II sebesar 79,98. Dari hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mata kuliah Strategi Belajar Mengajar dengan menerapkan analisis kritis dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: 978-602-9286-22-9
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.