Eksplorasi Penguasaan Konsep Hukum Newton Siswa

Rifqiyatun Nuriyah, Lia Yuliati, Edi Supriana

Abstract


Tujuan penelitian ini mengeksplorasi penguasaan konsep Hukum Newton. Metode yang digunakan wawancara dan tes. Wawancara dilakukan pada guru, sedangkan tes dilakukan pada 31 siswa SMAN 1 Kejayan menggunakan 3 soal essay. Hasil wawancara yaitu guru cenderung memberikan soal level C3, siswa sulit memahami gaya-gaya yang bekerja, arah vektor gaya, dan siswa hanya mengetahui rumus Hukum Newton tanpa memahami makna dan aplikasinya. Hasil tes penguasaan konsep siswa yaitu jika tidak ada gaya yang bekerja pada benda maka benda yang bergerak akan diam, kesulitan menggambar grafik Hukum II Newton, kesulitan menganalisis gambar terkait Hukum III Newton. Berdasarkan hasil tersebut, penguasaan konsep siswa masih rendah.

Keywords


Penguasaan Konsep; Hukum Newton

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-602-9286-22-9

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.