Model Pembelajaran Biologi Berbasis Budaya Bali: Sebuah Analisis Kebutuhan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan guru dan siswa terhadap model pembelajaran biologi berbasis budaya Bali. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan 20 orang guru biologi dan 154 siswa kelas X SMA Negeri se-Kota Denpasar sebagai sampel. Analisis data menggunakan analisis GAP yang diinterpretasi dengan diagram kartesius. Hasil analisis data menunjukkan 6 indikator dari sudut pandang guru dan 4 indikator dari sudut pandang siswa tentang pendidikan dan kebudayaan berada pada kuadran A. Posisi tersebut menunjukkan bahwa guru dan siswa memiliki persepsi bahwa indikator tersebut penting namun pelaksanaannya belum optimal. Temuan tersebut mengindikasikan diperlukannya pengembangan model pembelajaran biologi berbasis budaya Bali.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: 978-602-9286-22-9
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.