Pengaruh Pendekatan Konflik Kognitif melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry untuk Mengurangi Miskonsepsi Siswa pada Materi Gelombang Mekanik

Nurwidya Hasanah, Arif Hidayat, Supriyono Koes Handayanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi miskonsepsi siswa SMA pada materi Gelombang Mekanik dan (2) mengetahui efektivitas pendekatan konflik kognitif melalui model pembelajaran Guided Inquiry  untuk mengurangi miskonsepsi siswa SMA pada materi Gelombang Mekanik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Experimental dengan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Data dikumpulkan melalui  tes dengan menggunakan soal ishomorphic three tier untuk mengetahui miskonsepsi siswa.

Keywords


Miskonsepsi Konflik Kognitif; Guided Inquiry

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Nurwidya Hasanah, Arif Hidayat, Supriyono Koes Handayanto



ISBN: 978-602-9286-22-9

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.