Kemampuan Berfikir Kritis Siswa yang Belajar dengan Collaborative Learning pada Materi Medan Magnet dan Induksi Elektromagnet

Ninik Munfarikha, Sentot Kusairi, Siti Zulaikhah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki keterampilan berfikir kritis siswa yang belajar dengan pembelajaran kolaborasi pada materi magnet dan induksi elektromagnet. Mengingat berdasar penelitian sebelumnya ditemukan bahwa siswa masih mengalami banyak kesulitan dengan model-model pembelajaran yang digunakan sebelumnya pada materi tersebut. Kesulitan-kesulitan tersebut diantaranya adalah menjelaskan induksi elektromagnetik dan konsep elektromagnetik, Membedakan gaya magnet dan gaya listrik, serta menentukan arah gaya magnet dalam muatan listrik. Kelemahan siswa terjadi dalam hal menjelaskan suatu fenomena dan menghubungkannya dengan eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah sintesis artikel dari penelitian-penelitian sebelumnya pada topik yang sama. Hasil yang diharapkan dalam penelitian ini adalah menemukan model pembelajaran yang sesuai untuk menumbuhkan kemampuan berfikir kritis siswa khususnya pada materi medan magnet dan induksi elektromagnetik.

Keywords


Kemampuan berfikir kritis; Collaborative Learning; Magnet dan Induksi Elektromagnet

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ninik Munfarikha, Sentot Kusairi, Siti Zulaikhah



ISBN: 978-602-9286-22-9

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.