Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MAN 2 Tulungagung pada Materi Suhu dan Kalor
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu ketrampilan yang harus dimiliki siswa. Salah satu tujuan pembelajaran abad 21 adalah menumbuhkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa. Subjek penelitian terdiri atas 30 siswa kelas XII MAN 2 Tulungagung. Instrumen yang digunakan berupa 10 butir soal uraian pada materi suhu dan kalor yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dengan reliabilitas cronbach alpha 0,679. Analisis deskripsi rata-rata dilakukan terhadap jawaban siswa. Hasil dari penelitian ini yakni nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa adalah 30,69 dari skala 100 dengan nilai tertinggi 56 dan nilai terendah 10. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih dalam kategori rendah.
Keywords
Berpikir Kritis; Suhu dan Kalor
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Fery Hadi Sutrisno, Supriyono Koes Handayanto, Edi Supriana
ISBN: 978-602-9286-22-9
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.