Analisis Penguasaan Konsep Siswa SMA Pada Materi Fluida Statis

Dian Rafiah, Parno Parno, Ahmad Taufiq

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis penguasaan konsep siswa pada materi fluida statis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix method  dengan desain eksplanatory. Teknik pengumpulan data kuantitatif berupa tes dan data kualitatif berupa wawancara kepada siswa. Instrumen tes penguasaan konsep yang digunakan terdiri dari 10 soal pilihan ganda beralasan dengan reliabilitas 0,48 dan pedoman wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIA SMA Negeri 1 Kuala Tungkal sejumlah 68 siswa. Hasil analisis tes secara kuantitaitif menunjukan bahwa penguasaan konsep siswa masih rendah dengan skor rerata tes sebesar 1,7 dengan standar deviasi 1,65 dari skor maksimum 10. Rendahnya penguasaan konsep siswa ini didukung dengan analisis kualitatif melalui wawancara. Berdasarkan wawancara, rendahnya penguasaan konsep siswa antara lain dikarenakan siswa menganggap besarnya tekanan hidrostatis dipengaruhi oleh bentuk bejana, dan gaya Archimedes dipengaruhi oleh massa benda.

Keywords


Penguasaan Konsep; Fluida Statis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Dian Rafiah, Parno Parno, Ahmad Taufiq



ISBN: 978-602-9286-22-9

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.