Kesalahan Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Fluida Statis
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan kesalahan siswa dalam memecahkan masalah fluida statis. Subyek penelitian siswa kelas XII SMA berjumlah 18. Penelitian menggunakan meteode survey dengan teknik pengumpulan data yaitu tes. Tes terdiri atas 10 butir soal uraian materi fluida statis (cronbach alpha 0,638). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa banyak mengalami kesalahan dalam memecahkan masalah tekanan hidrostatis, hukum pascal, hukum archimedes dan kesalahan mengaitkan konsep fluida statis dengan konsep lainnya untuk memecahakan masalah. Faktor penyebab kesalahan tersebut adalah karena siswa kurang memahami konsep dasar fluida statis dan siswa tidak dapat mengaitkan konsep fluida statis dengan konsep lainnya. Disaranakan untuk melakukan penelitian lebih lanjut sebagai upaya mengurangi kesalahan siswa, salah satunya melaui pembelajaran yang melibatkan siswa ikut serta dalam pemecahan masalah dalam bentuk investigasi dan diberi bantuan agar siswa dapat melakukan pemecahan masalah secara mandiri.
Keywords
Kesalahan Siswa; Pemecahan Masalah; Fluida Statis
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Dheka Januarifin, Parno Parno, Arif Hidayat
ISBN: 978-602-9286-22-9
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.