Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa SMA Pada Materi Termodinamika
Abstract
Pemahaman siswa pada termodinamika akan mempengaruhi keberhasilan siswa memahami fenomena perubahan keadaan sistem akibat pertukaran energi dengan lingkungan dalam bentuk kalor dan usaha. Artikel ini bertujuan mengungkap pemahaman konsep siswa pada materi termodinamika, melalui tes Thermodynamics Concept Survey (TCS) yang dikembangkan sebelumnya oleh Wattanakasiwich et al. (2013). Tes diberikan pada siswa kelas XII IPA SMA sebanyak 56 siswa. Tes terdiri dari 24 soal pilihan ganda beralasan. Alasan siswa dalam menjawab tes digunakan untuk mengidentifikasi kemungkinan pemahaman konsep siswa pada materi termodinamika. Ditemukan kesalahan konsep yang dominan pada siswa, antara lain siswa mengalami kesulitan dalam memahami prinsip kesetimbangan mekanik (89,3% siswa); siswa salah dalam menghubungkan perubahan suhu gas dengan tekanan yang dihasilkan (79,77% siswa); serta siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal tentang proses isotermal (73,2% siswa).
Keywords
Pemahaman Konsep; Kesalahan Konsep; Termodinamika
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Dewi Nur Azizah, Sutopo Sutopo, Siti Zulaikah
ISBN: 978-602-9286-22-9
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.