Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa melalui Free Body Diagrams (FBDs) UNTUK Materi Hukum Newton
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa SMAN 7 Malang dalam materi Hukum Newton. Data dikumpulkan melalui angket untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah Hukum Newton. Berdasarkan hasil analisis diambil kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yaitu 61,3% siswa memahami hanya sebagian konsep pada materi Hukum Newton. Sebanyak 41,3% siswa tidak terbiasa menggambar diagram gaya sebelum mengerjakan soal, 46% siswa merasa terbantu saat mengerjakan soal dengan menggambar diagram gaya. Selain itu 56% siswa selalu menuliskan informasi yang ada di soal sebelum mengerjakan soal dan hanya 43,3% siswa yang merasa mudah untuk menentukan menggunakan persamaan yang digunakan untuk menyelesaikan masalah.
Keywords
Kemampuan Pemecahan Masalah; Free-Body Diagrams; Hukum Newton
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Demara Balqis, Sentot Kusairi, Edi Supriana
ISBN: 978-602-9286-22-9
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.