Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa melalui Free Body Diagrams (FBDs) UNTUK Materi Hukum Newton

Demara Balqis, Sentot Kusairi, Edi Supriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa SMAN 7 Malang dalam materi Hukum Newton. Data dikumpulkan melalui angket untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah Hukum Newton. Berdasarkan hasil analisis diambil kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yaitu 61,3% siswa memahami hanya sebagian konsep pada materi Hukum Newton. Sebanyak 41,3% siswa tidak terbiasa menggambar diagram gaya sebelum mengerjakan soal, 46% siswa merasa terbantu saat mengerjakan soal dengan menggambar diagram gaya. Selain itu 56% siswa selalu menuliskan informasi yang ada di soal sebelum mengerjakan soal dan hanya 43,3% siswa yang merasa mudah untuk menentukan menggunakan persamaan yang digunakan untuk menyelesaikan masalah.

Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah; Free-Body Diagrams; Hukum Newton

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Demara Balqis, Sentot Kusairi, Edi Supriana



ISBN: 978-602-9286-22-9

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.