Asesmen Kebutuhan Pengembangan Profesionalisme Guru Program Studi Keahlian Tata Kecantikan ditinjau Berdasarkan Sertifikasi Profesi Guru di SMK Se-Malang Raya

Wahyu Diana, Purnomo Purnomo, Rina Rifqie Mariana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan untuk pengembangan profesionalisme guru produktif  program studi keahlian tata kecantikan ditinjau berdasarkan sertifikasi profesi guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif Penelitian ini dilakukan di SMK Se-Malang Raya yang memiliki program studi keahlian Tata kecantikan, antara lain SMKN 3 Malang, SMKN 1 Batu, SMK Kartika IV-1 Malang dan SMK Prajnaparamita. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan guru sebagai informan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Temuan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: dari 19 orang guru Tata kecantikan yang ada di Malang Raya, terdapat sebelas orang guru yang telah dinyatakan sebagai guru profesional karena telah memiliki sertifikas pendidik.

Keywords


Profesionalisme Guru; Tata Kecantikan; Standar Kualifikasi Guru

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Wahyu Diana, Purnomo Purnomo, Rina Rifqie Mariana



ISBN: 978-602-9286-22-9

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.