Hakikat IPA dalam Penilaian Kemampuan Literasi IPA Peserta Didik SMP
Abstract
Pembelajaran IPA berkaitan erat dengan hakikat IPA. Pembelajaran berbasis hakikat IPA menumbuhkembangkan kemampuan literasi khususnya literasi IPA. Untuk mengetahui kemampuan literasi IPA peserta didik, maka diperlukan penilaian kemampuan tersebut sesuai dengan hakikat IPA. Makalah ini mengkaji keterkaitan aspek hakikat IPA dan kemampuan literasi untuk mengembangkan instrumen penilaian kemampuan literasi peserta didik SMP sesuai hakikat IPA. Penyusunan makalah ini menggunakan metode kajian pustaka dari berbagai sumber yang relevan. Aspek hakikat IPA (nature of science) yaitu the body of knowledge dan the way of thinking terkait dengan aspek kompetensi dalam kemampuan literasi IPA.
Keywords
Hakikat IPA; Kemampuan Literasi IPA; Instrumen Penilaian
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Shita Dhiyanti Vitasari
ISBN: 978-602-9286-22-9
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.