Hakikat IPA dalam Penilaian Kemampuan Literasi IPA Peserta Didik SMP

Shita Dhiyanti Vitasari

Abstract


Pembelajaran IPA berkaitan erat dengan hakikat IPA. Pembelajaran berbasis hakikat IPA menumbuhkembangkan kemampuan literasi khususnya literasi IPA. Untuk mengetahui kemampuan literasi IPA peserta didik, maka diperlukan penilaian kemampuan tersebut sesuai dengan hakikat IPA. Makalah ini mengkaji keterkaitan aspek hakikat IPA dan kemampuan literasi untuk mengembangkan instrumen penilaian kemampuan literasi peserta didik SMP sesuai hakikat IPA. Penyusunan makalah ini menggunakan metode kajian pustaka dari berbagai sumber yang relevan. Aspek hakikat IPA (nature of science) yaitu the body of knowledge dan the way of thinking terkait dengan aspek kompetensi dalam kemampuan literasi IPA.

Keywords


Hakikat IPA; Kemampuan Literasi IPA; Instrumen Penilaian

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Shita Dhiyanti Vitasari



ISBN: 978-602-9286-22-9

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.