AKTIVITAS BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SD MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

Yustin Susanti, Wahjoedi Wahjoedi, Sugeng Utaya

Abstract


Rendahnya aktivitas belajar tematik siswa kelas V SDN Mangunharjo 02 disebabkan oleh beberapa hal yaitu: 1) siswa jenuh dengan cara mengajar guru, 2) proses pembelajaran berpusat pada guru. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji secara konseptual tentang cara meningkatkan aktivitas belajar tematik siswa melalui sebuah model pembelajaran. Dari hasil kajian teori dan beberapa penelitian terdahulu, menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD mampu meningkatkan aktivitas belajar tematik siswa.

Keywords


aktivitas belajar; pembelajaran tematik; STAD

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-71836-0-5

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.