BAHAN PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA YANG BERKUALITAS

Suhartati Suhartati, Sa’dun Akbar, Muhana Gipayana

Abstract


Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kriteria bahan pembelajaran berbasis budaya Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang berkualitas. Bahan pembelajaran merupakan salah satu komponen utama dalam interaksi pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran. Budaya adalah salah satu penentu dalam perkembangan individu. Bahan pembelajaran membutuhkan budaya sebagai penunjang pembelajaran. Budaya DIY yang lahir dan berkembang di masyarakat DIY diapresiasikan dalam bentuk bahan pembelajaran berbasis budaya DIY. Penyusunan bahan pembelajaran berbasis budaya DIY perlu memperhatikan kriteria bahan pembelajaran yang berkualitas. Kriteria bahan pembelajaran yang berkualitas adalah akurat, sesuai, komunikatif, lengkap dan sistematis, beorientasi pada student centered, berpihak pada ideologi bangsa dan negara, kaidah bahasa yang benar, dan terbaca..
Kata Kunci: bahan pembelajaran, budaya DIY


Keywords


learning materials; DIY culture

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-71836-0-5

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.