PENTINGNYA PEMBELAJARAN KUANTUM DALAM AKTIVITAS BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Sudri Wiyono, Sugeng Utaya, Sa’dun Akbar

Abstract


Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui konsep pembelajaran kuantum dan mendiskripsikan manfaatnya dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa. Aktivitas belajar merupakan serangkaian kegiatan baik fisik maupun mental yang saling berkaitan sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang optimal. Salah satu model pembelajaran yang dapat menciptakan aktivitas belajar yang baik adalah pembelajaran kuantum. Pembelajaran kuantum dapat diartikan sebagai pembelajaran yang mengorkestrasikan berbagai interaksi menjadi cahaya yang melejitkan prestasi siswa dengan menyingkirkan hambatan belajar melalui penggunaan alat atau media belajar yang tepat, sehingga siswa dapat belajar secara mudah dah alami. Dengan demikian, pemanfaatan pembelajaran kuantum dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa secara nyata. 


Keywords


pembelajaran kuantum; aktivitas belajar ; kegiatan belajar mengajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-71836-0-5

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.