METODE DISKUSI UNTUK MENGOPTIMALKAN MOTIVASI BELAJAR

Lalu Warige Hadinata, Sugeng Utaya, Punaji Setyosari

Abstract


Masalah motivasi belajar siswa memang selalu menjadi hal yang menarik perhatian. Kurang optimalnya motivasi belajar siswa terlihat ketika siswa melakukan aktivitas diluar kegiatan yang seharusnya, seperti mengganggu teman, berbicara dengan teman yang temanya bukan merupakan bahan pelajaran, mengantuk, dan gelisah menjadi paradigma yang sering dialami guru. Untuk mengatasi hal tersebut, menggunakan  metode diskusi merupakan sarana penyaluran yang tepat terhadap permasalahan tersebut. Beberapa jenis metode diskusi yang perlu diketahui oleh guru agar penggunaan metode diskusi sesuai dengan kondisi siswa, kelas, dan permasalahan : diskusi formal, diskusi informal, diskusi kelas, diskusi kelompok kecil, symposium, diskusi panel, lecture discussion, whole group, buzz group, sundicate group, rain storming group, fish bowl.

Keywords


Metode diskusi;motivasi belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-71836-0-5

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.