MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAM ACHIEVMENT DEVISION (STAD)

Sutinah Sutinah, Nyoman Sudana Degeng

Abstract


Artikel penelitian ini merupakan kajian teoritis untuk memahami model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Berisi teori-teori yang berkaitan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD, manfaat dan kegunannya terhadap dunia pendidikan. Artikel penelitian ini disusun berdasarkan telaah pustaka dan telaah terhadap hasil penelitian yang menguraikan pentingnya model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Artikel ini akan menguraikan apa dan bagaimana model pembelajaran kooperatif tipe STAD serta keunggulan yang ada dalam model pembelajaran ini. STAD sebagai salah satu model atau pendekatan dalam pembelajaran kooperatif yang sederhana dan baik untuk guru yang baru mulai menggunakan pendekatan kooperatif dalam kelas, STAD juga merupakan suatu model pembelajaran kooperatif yang efektif dalam meningkatkan kerjasama diantara siswa.

Keywords


Model; Pembelajaran; STAD

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-71836-0-5

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.