URGENSI PENGGUNAAN METODE GUIDED INQUIRY DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SD

Heri Susanto, Cholis Sa’dijah, Muhana Gipayana

Abstract


Hasil belajar merupakan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran. Upaya untuk meningkatkkan hasil belajar telah dilakukan dengan berbagai cara diantaranya dengan penggunaan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik siswa,yang antara lain metode guided inquiry yang menekankan pada proses ilmiah untuk mendapatkan pengetahuan. Siswa pada usia Sekolah Dasar memiliki rasa ingin tahu yang tinggi untuk mendapatkan informasi yang baru. Setiap individu memiliki cara untuk merespon dan mengolah informasi yang diperoleh disebut dengan gaya berpikir. Ada dua jenis gaya berpikir konvergen dan divergen. Hasil kajian hasil penelitian dan teori menun-jukkan bahwa pada siswa yang memiliki gaya berpikir konvergen, hasil belajar akan lebih optimal jika metode pembelajaran yang digunakan membantu untuk menyajikan materi secara sistematis, terstruktur dan logis sedangkan siswa dengan gaya berpikir divergen, hasil belajar akan lebih optimal jika siswa diberi kesempatan untuk belajar secara aktif dan mandiri. Penggunaan metode guided inquiry lebih sesuai untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang memiliki gaya berpikir divergen daripada siswa yang memiliki gaya berpikir konvergen.

Keywords


Metode Guided Inquiry;Gaya Berpikir;Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-71836-0-5

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.