BUKU AJAR IPS BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Dina Fitrohtur Rohmah, Hariyono Hariyono, Sudarmiatin Sudarmiatin

Abstract


pembelajaran tentang materi sejarah di sekolah dasar, selama ini hanya memaparkan mengenai fakta-fakta dalam sejarah global Indonesia saja dan mengesampingkan sejarah lokal. Artikel ini menyajikan kajian literatur tentang buku ajar IPS SD berbasis kontekstual. Langkah yang dilakukan dalam kajian ini adalah dengan membaca dan menganalisis artikel ilmiah yang sudah dipublikasikan. Hasil analisis terhadap artikel publikasi yaitu buku ajar IPS SD berbasis kontekstual berdampak pada efektivitas pembelajaran, yaitu menumbuhkan motivasi dan meningkatkan hasil belajar siswa, bisa menjadi referensi dan penunjang proses pembelajaran sejarah, serta membentuk karakter siswa.

Keywords


buku ajar;IPS;kontekstual

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-71836-0-5

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.