PERAN PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD

Westri Setyo Lestari, Herawati Susilo, Punaji Setyosari

Abstract


Pembelajaran tematik merupakan model pembelajaran terpadu dengan menggunakan tema sebagai pemersatu antar mata pelajaran. Pembelajaran tematik memiliki beberapa karakteristik yaitu: berpusat pada siswa, memberi pengalaman langsung dan holistik Pembelajaran tematik memiliki kelebihan dibandingkan pembelajaran konvensional. Beberapa kelebihan pembelajaran tematik antara lain: pengalaman dan kegiatan belajar siswa akan selalu relevan dengan tingkat perkembangan siswa dan kegiatan yang dipilih sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa. Penerapan pembelajaran tematik dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa. Siswa akan lebih perhatian terhadap pelajaran, ada relevansi antara pelajaran dan lingkungan siswa, siswa merasa percaya diri mengikuti pelajaran karena materi disesuaikan dengan perkembangan usia siswa, dan siswa merasa puas mengikuti pelajaran, karena siswa tidak merasa terbebani dengan materi yang cukup sulit

Keywords


pembelajaran tematik;kelebihan pembelajaran tematik;motivasi belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-71836-0-5

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.