PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENUMBUHKAN SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD

Sandi Haryadi, Ery Tri Djatmika, Punadji Setyosari

Abstract


Penerapan Kurikulum 2013 memerlukan perubahan paradigma pembelajaran. Pembelajaran tematik merupakan model pembelajaran terpadu dengan menggunakan tema sebagai pemersatu antar pelajaran. Pembelajaran tematik menggunakan pendekatan saintifik. Siswa dilatih untuk menerapkan sikap ilmiah seperti mengobservasi, mengajukan pertanyaan, mengumpulkan data, menganalisis data, dan mengkomunikasikan. Salah satu aspek dalam pembelajaran tematik memfasilitasi siswa untuk mencari hubungan antara konsep dengan permasalahan yang terjadi sehingga dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis.

Keywords


pembelajaran tematik;sikap ilmiah;berpikir kritis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-71836-0-5

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.