BAHAN AJAR TEMATIK KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SEKOLAH DASAR

Rizqi Nindhiani, Utami Widiati, Hariyono Hariyono

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk1) memaparkan keefektifan dan keterterapan bahan ajar tematik kontekstual,2) memaparkan bahan ajar tematik kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah dasar. Untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan, guru dapat memanfaatkan berbagai sumber belajar, metode, serta alat pendidikan lainnya. Pendekatan kontekstual dalam bahan ajar dapat mengaitkan materi yang diperoleh di kelas dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan tempat tinggal. Dengan pembelajaran kontekstual maka pembelajaran dapat diupayakan sehingga menarik dan pada akhirnya dapat meningkatkan pemahaman konsep dan penalaran siswa atau berpikir kritis. Artikel ini menjabarkan keefektifan dan keterterapan pembelajaran menggunakan bahan ajar tematik kontekstual dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah dasar.

Keywords


Bahan ajar tematik;kontekstual;kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-71836-0-5

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.