BAHAN AJAR BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) MATERI OPERASI HITUNG UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Mochamad Farid Ubaidillah, Subanji Subanji, Cholis Sa’dijah

Abstract


Bahan ajar disusun secara sistematis untuk memudahkan siswa belajar. Salah satu pendekatan pembelajaran yang menunjang hal tersebut adalah Realistic Mathematic Education (RME). Contoh penerapan RME dalam pembelajaran operasi hitung di sekolah dasar yaitu menggunakan konteks kegiatan mengelompokkan mainan, model matematisasinya berupa batang korek api yang dikelompokkan kemudian ditulis dalam tabel. Hasil pengelompokan merupakan variasi strategi konstruksi siswa dalam menganalisis konsep urutan pengerjaan operasi hitung campuran. Siswa dapat berinteraksi untuk mengkomunikasikan gagasannya. Namun, siswa harus memahami terlebih dahulu konsep penjumlahan dan perkalian agar bisa memberikan konklusi keterkaitannya dengan tepat. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar berbasis RME untuk siswa sekolah dasar.

Keywords


Bahan Ajar;Realistic Mathematic Education;Operasi Hitung;Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-71836-0-5

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.