PEMBELAJARAN KONTEKTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEBERMAKNAAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Iis May Dian, Sumarmi Sumarmi, Anang Santos

Abstract


artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pentingnya melaksanakan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kebermaknaan belajar siswa sekolah dasar 2) komponen dan karakteristik pembelajaran kontekstual. Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) adalah pembelajaran yang mengaitkan antara materi yang dipelajari dengan kehidupan nyata siswa sehari-hari baik dalam lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, warga negara, dengan tujuan menemukan makna materi tersebut bagi kehidupannya. Belajar bermakna (meaningfull Learning) merupakan proses dikaitkannya informasi baru pada konsep-konsep yang relevan yang terdapat dalam struktur kognitif seseorang. Melaksanakan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran diharapkan akan membantu siswa untuk mencapai kebermakanaan belajar yang akhirnya dapat memaksimalkan hasil pembelajaran yang dilaksanakan.

Keywords


Pembelajaran kontekstual;belajar bermakna.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-71836-0-5

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.