METODE DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD

Hesti Trisnawati, Subanji Subanji, Edy Bambang Irawan

Abstract


Pembelajaran seharusnya memberi kesempatan kepada siswa untuk menemukan sendiri konsep materi yang akan dipelajari, begitu juga dengan pembelajaran matematika. Pembelajaran akan menjadi bermakna jika siswa menemukan sendiri matematika melalui pengalaman secara langsung. Kenyataan di lapangan, masih jarang pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan sendiri konsep matematika. Untuk itu, diperlukan sebuah metode yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan sendiri matematika, metode tersebut yaitu metode discovery. Dari hasil penelitian terdahulu dan dikaitkan dengan teori didapatkan bahwa penerapan metode discovery dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa SD.

Keywords


metode discovery;aktivitas belajar;hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-71836-0-5

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.