PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II SD

Heni Hidayah, Utami Widiati, Edy Bambang Irawan

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik pada kelas II SD. Pendekatan saintifik yang diusung dalam kurikulum 2013 dan dalam tahap revisi kembali guna menyempurnakannya memberikan banyak pencerahan mengenai proses pembelajaran yang tepat dan efektif. Melalui 5 tahapan proses dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik yaitu; mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasi diharapkan peserta didik memperoleh proses pembelajaran bermakna. Sehingga dapat membekali peserta didik dalam menghadapi pesatnya perkembangan jaman.

Keywords


pendekatan; saintifik; tematik terpadu

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-71836-0-5

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.