MENGEMBANGKAN KEBERMAKNAAN BELAJAR DENGAN RANCANGAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERCIRIKAN QUANTUM TECHING

Dwi Wahyuning Aisyah, Muhana Gipayana, Ery Tri Djatmika

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk: 1) menjelaskan pentingnya desain pembelajaran tematik yang meningkatkan kebermaknaan belajar, 2) menguaraikan karakteristik Quantum Teaching untuk meningkatkan kebermaknaan belajar, 3) memaparkan pembelajaran tematik bercirikan Quantum Teaching untuk meningkatkan kebermaknaan belajar. Kebermaknaan belajar melalui desain pembelajaran yang terpadu dan holistik diupayakan pada awal, proses, dan akhir pembelajaran. Pembelajaran yang dirancang berdasarkan karakteristik dan kerangka Quantum Teaching menjad solusi desain pembelajaran efektif dan efisien karena dapat diterapkan pada beragam muatan pelajaran, jenjang kelas, dan memberi jaminan meningkatnya motivasi siswa dalam belajar sehingga mengoptimalkan aktivitas dan kebermaknaan belajar.

Keywords


pembelajaran tematik;Quantum Teaching;kebermaknaan belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-71836-0-5

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.