PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Desty Triastuti, Sa’dun Akbar, Edi Bambang Irawan

Abstract


Keberhasilan sebuah pembelajaran ditentukan oleh beberapa hal, diantaranya yaitu guru dan dan seluruh komponen pembelajaran termasuk di dalamnya yaitu media pembelajaran. Penggunaan media dalam proses pembelajaran dapat melibatkan siswa secara langsung untuk menggunakan media tersebut dengan perasaan senang dan tanpa paksaan. Media yang digunakan untuk kepentingan pembelajaran dapat dikemas secara menarik dalam bentuk permainan. Salah satu jenis permainan yang banyak disukai anak antara lain permainan dalam bentuk papan. Melalui permainan siswa diberi kesempatan untuk mengembangkan kompetensi-kompetensi dan keterampilan-keterampilan yang diperlukannya dengan cara yang menyenangkan, sehingga siswa termotivasi dalam belajar. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan peran media papan permainan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan prosedur penggunaan media papan permainan pada proses pembelajaran.

Keywords


Media;papan permainan;motivasi belajar siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-71836-0-5

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.