Pengaruh Motor Educability Dan Kelentukan Terhadap Hasil Belajar Jurus Tunggal Pencak Silat
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh motor
educability dan kelentukan terhadap hasil belajar jurus tunggal pencak silat
pada mahasiswa anggota UKM Pencak Silat Universitas Islam 45 Bekasi.
Metode penelitian adalah survei, teknik analis menggunakan analisis jalur.
Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sejumlah 15
orang. Instrumen hasil belajar jurus tunggal pencak silat menggunakan
rubrik penilaian skala 3, Motor Educability Iowa Brace Test dan tes
modifikasi duduk dan raih. Kesimpulannya adalah: (1) Motor educability
berpengaruh langsung terhadap hasil belajar jurus tunggal pencak silat, (2)
Kelentukan berpengaruh langsung terhadap hasil belajar jurus tunggal pencak
silat, (3) Motor educability berpengaruh langsung terhadap kelentukan.
educability dan kelentukan terhadap hasil belajar jurus tunggal pencak silat
pada mahasiswa anggota UKM Pencak Silat Universitas Islam 45 Bekasi.
Metode penelitian adalah survei, teknik analis menggunakan analisis jalur.
Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sejumlah 15
orang. Instrumen hasil belajar jurus tunggal pencak silat menggunakan
rubrik penilaian skala 3, Motor Educability Iowa Brace Test dan tes
modifikasi duduk dan raih. Kesimpulannya adalah: (1) Motor educability
berpengaruh langsung terhadap hasil belajar jurus tunggal pencak silat, (2)
Kelentukan berpengaruh langsung terhadap hasil belajar jurus tunggal pencak
silat, (3) Motor educability berpengaruh langsung terhadap kelentukan.
Keywords
Motor Educability; Kelentukan; Hasil Belajar Jurus Tunggal; Pencak Silat
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Program Studi Pendidikan Olahraga
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.